Apa Saja Syarat Sholat Tahajud?

Pernahkah Anda mendengar bahwa syarat Sholat Tahajud wajib tidur dulu? Pada artikel ini, kita akan menjawabnya dengan ulasan yang bersumber dari beberapa referensi buku agama Islam. Sholat tahajud itu sendiri merupakan salah satu sholat sunnah yang dilakukan di waktu malam, saat suasana sunyi sepi sehingga manusia dapat melaksanakannya dengan tenang dan khusyuk (Al ‘aydarus, 2011: 52). 

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang lebih utama setelah sholat fardhu. Jadi, dapat dikatakan bahwa sholat sunnah ini adalah sholat yang istimewa. Hal tersebut dikarenakan, bagun di waktu malam sangatlah sulit. Terlebih lagi jika tubuh sedang lelah atau sedang tertidur nyeyak.
 

Syarat Sholat Tahajud

Secara bahasa, makna tahajud adalah bangun tidur dengan berat atau terpaksa. Namun, secara istilah, tahajud artinya sembahyang yang dilakukan setelah shalat isya, dan sesudah tidur. Maka syarat utama ketika ingin melakukan Sholat Tahajud adalah sudah tidur terlebih dahulu. Sedangkan waktu Sholat Tahajud itu sendiri adalah setelah Sholat Isya hingga terbit fajar, tapi yang utama adalah sepertiga malam sekitar pukul 2 dan 3 pagi.
 
Setelah bangun di waktu malam terutama di sepertiga malam, setiap umat Islam berhak untuk memenuhi Sholat Tahajud. Kemudian, dilanjutkan dengan bersuci dari najis bisa mandi besar terlebih dahulu, wudhu, lalu membaca niat, dan melaksanakan rukun sholat. Adapun bacaan niat Sholat Tahajud, yaitu:

Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala”.
 
Setelah membaca Surat Al Fatihah ada anjuran untuk membaca Surat Al Baqarah ayat 284 – 286 di rakaat pertama. Kemudian, dilanjutkan dengan Surat Ali ‘Imran ayat 18 dan 26 -27 pada rakaat kedua. Jika tidak hafal ayat-ayat tersebut maka diperbolehkan membaca Surat Al Kafirun di rakaat pertama dan Surat Al Ikhlas pada rakaat kedua.
 
Semoga Anda menjadi hamba-hamba pilihan Allah untuk senantiasa terbangun di sepertiga malam dan diberkahi segala urusannya, aamiin. Selamat menunaikan ibadah Sholat Tahajud, ya! (AA)