Doa Sholat Tahajud (Lengkap) – Bacaan, Arti, dan Tata Cara

Doa sholat tahajud berbunyi Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna… serta membaca dzikir-dzikir berikut yang dijelaskan dalam artikel ini.


Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari. Dalam bahasa arab sholat sunnah tahajud disebut sebagai Sholatun Lail yang memiliki arti sholat malam.

 

Sholat tahajud sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Sholat sunnah ini dikerjakan pada waktu sepertiga malam sampai sebelum waktu subuh. Kira-kira waktu sepertiga malam itu sekitar jam 01.00-04.00 sebelum masuk waktu subuh.

Waktu pelaksanaan sholat tahajud

waktu sholat tahajud

Waktu pelaksanaan sholat sunnah tahajud dilakukan setelah bangun tidur di malam hari. Meskipun, ada beberapa ulama berpendapat bahwa melaksanakan sholat tahajud diperbolehkan untuk tidak tidur terlebih dahulu.

 

Misalnya, pada waktu malam hari kemudian anda belum tidur dan ingin melaksanakan sholat tahajud itu diperbolehkan.

Mengerjakan sholat tahajud sangat dianjurkan secara rutin setiap malam karena Allah akan memberikan pahala yang berlimpah bagi seorang mukmin yang melaksanakan sholat tahajud.

Dalam kondisi sunyi dan tenang di malam hari, melaksanakan sholat malam menjadi lebih khusuk untuk mendekatkan diri dan memohon ampunan kepada Allah.

Perintah sunnah untuk mengerjakan sholat tahajud ditunjukkan oleh firman Allah dalam surat As-sajdah ayat 16-17,

Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan.” (ayat 16).

Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.”(ayat 17).

Dari penjelasan ayat diatas, diperintahkan kepada orang-orang taat untuk mengurangi tidur mereka, dan bangun disepertiga malam untuk melaksanakan sholat tahajud.

Sholat malam memiliki keutamaan antara lain menjadi sarana berdoa kepada Allah agar diselamatkan dari api neraka dan bershodaqoh atas sebagian hartanya karena Allah.

Dan keutamaan lainya, Allah akan menjanjikan surga bagi seorang hamba yang istiqomah dalam mengerjakan sholat malam.

Bacaan Niat Sholat Tahajud

Sebelum melaksanakan sholat tahajud diwajibkan membaca niat terlebih dahulu.

Dengan membaca niat maka ibadah yang kita kerjakan menjadi sempurna. Niat sholat tahajud dilafadzkan sebagai berikut

doa sholat tahajud

Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

Yang artinya: “Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”

Membaca niat sholat tahajud dapat dilafadzkan dalam hati maupun dibaca dengan suara pelan dan lirih.

Tata cara sholat tahajud

gerakan sholat tahajud

Dalam mengerjakan sholat tahajud, waktu paling utama dikerjakan di waktu sepertiga malam terakhir dan dilakukan setelah bangun tidur dimalam hari.