Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud

Sholat adalah ibadah yang dilakukan oleh kaum Muslim. Sholat wajib dilakukan sebanyak lima kali setiap hari. Sholat sunnah dilaksanakan untuk menambah pahala. Sholat sunnah juga bisa dilaksanakan sebagai bentuk ikhtiar dari seorang Muslim dalam mengatasi masalah.

Sholat sunnah ada yang dilakukan secara berjamaah seperti sholat tarawih dan sholat id. Ada juga yang dilakukan sendiri seperti sholat dhuha dan sholat tahajud. Pelaksanaannya juga berbeda-beda. Misalnya sholat dhuha dilaksanakan pada pagi hari, sedangkan sholat tahajud pada malam hari.

Baca Juga : Benarkah Sholat Dhuha Dilarang Setiap Hari? Berikut penjelasannya.

Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang diangGap paling istimewa karena dapat membuat siapa yang mendirikannya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah SWT. Waktu utama sholat tahajud adalah saat sepertiga malam. Tata cara sholat tahajud diawali dengan membaca niat

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Kemudian menunaikan sholat sebanyak dua rakaat dengan dua kali sujud dan satu kali salam. Sholat tahajud 2 rakaat bisa dilakukan berulang-ulang tanpa batasan. Jika ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah maka bisa melakukan pengulangan sholat tahajud 2 rakaat sebanyak 4 kali dan witir 3 rakaat.

Selanjutnya dalam tata cara sholat tahajud adalah dengan berdzikir dan memanjatkan doa. Berdoa tentu berbeda setiap orang sesuai kebutuhan. Bisa juga dengan mengucap sholawat nabi.

Manfaat sholat tahajud

Selain tentu saja mendapatkan pahala, pelaksanaan sholat tahajud juga memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Doa yang dipanjatkan akan dikabulkan

Sholat tahajud yang dilaksanakan pada malam yang hening akan membuat sholat dan berdoa menjadi semakin khusyuk.

Baca Juga : Shalat Dhuha, Pengganti Sedekah Persendian

  1. Menghapus dosa

Dengan mendirikan sholat tahajud dengan penuh niat dan ikhlas dapat menghapuskan dosa yang telah diperbuat. Dengan melakukan sholat setiap malam maka akan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT sehingga akan merasa takut jika akan mengulangi dosa yang diperbuat.

  1. Sebagai amalan yang bisa membantu di akhirat

Telah disebutkan pada Al Qur'an surat Az Zariyat ayat 15-18 bahwa jika seorang muslim senantiasa mendirikan sholat tahajud di malam hari akan mendapatkan balasan dari Allah SWT di akhirat nanti.

  1. Diangkat derajat oleh Allah SWT

Allah SWT akan mengangkat derajat hambanya yang melaksanakan sholat tahajud dengan rajin sesuai dengan ayat di dalam Al Qur'an surat Al-Isra ayat 79.

  1. Memperoleh cinta Allah SWT

Bagi mereka yang rela bangun dari tidur untuk menjalankan sholat dan mendekatkan diri kepada Allah akan mendapatkan cintaNya.

Sholat tahajud yang didirikan sesuai dengan tata cara sholat tahajud juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

  1. Seorang Muslim yang taat melaksanakan sholat tahajud akan memiliki suasana hati yang tenang dan tenteram. Hal ini disebutkan dalam firman Allah Qur'an surat Al-Furqan ayat 63-64.
  1. Sholat tahajud yang dilaksanakan dalam suasana malam yang hening dan tenang dapat membantu menenangkan hati dan pikiran.
  1. Gerakan sholat saat melakukan sholat tahajud bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan pernapasan.
  1. Sholat tahajud dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.
  1. Sholat tahajud yang dilakukan pada saat udara masih bersih dapat membantu untuk memperlancar aliran darah. (PK)